Selasa, 15 Desember 2009

TUGAS ETNOGRAFI 4

TUGAS ETNOGRAFI 4

1. Tahapan tahapan dalam penelitian etnografis:

- Memilih Masalah

Pada intinya etnografi dimulai dengan permasalahan umum yang sama. Makna kebudayaan dalam suatu kelompok untuk mengatur tingkah laku dan menginterpretasikan pengalaman. Permasalah ini didasarkan pada teori kebudayaan.

- Megumpulkan data kebudayaan

Etnografer mengajukan pertanyaan deskriptif dengan melakukan observasi umum dan mencatat semua ini dalam catatan lapangan.

- Menganalisis data kebudayaan

Analisis ini meliputi pemeriksaan ulang catatan lapangan untuk mencari simbol- simbol budaya serta mencari hubungan antara simbol- simbol itu.

- Memformulasikan hipotesis etnografis

Etnografer memformulasikan hipotesis untuk diuji. Hipotesis ini muncul dari budaya yang dipelajari. Hipotesis etnografis harus diformulasikan setelah mengumpulkan data awal. Hipotesis etnografi mengusulkan hubungan yang harus diuji dengan cara mengecek hal- hal yang diketahui oleh informan.

- Menuliskan Etnonografi

Penulisan deskriptif kebudayaan akan menstimulasi hipotesis baru serta membawa peneliti untuk kembali melakukan lebih banyak penelitiaan lapangan. Menulis merupakan suatu proses perbaikan analisis.

2. Macam- macam analisis etnografi:

- Analisis Domain

Penyelidikan terhadap unit- unit pengetahuan budaya yang lebih besar yang disebut domain. Dalam melakukan jenis analisis ini, kita akan mencari simbol- simbol budaya yang termasuk dalam kegiatan domain.

- Analisis Taksonomi

Pencarian struktur internal domain serta membentuk identifikasi susunan yang bertentangan.

- Analisis Komponen

Pencarian atribut- atribut yang menandai berbagai perbedaan diantara simbol- simbol dalam sebuah domain.

- Analisis Tema

Pencarian hubungan diantara domain dan bagaimana domain- domain itu dihubungkan dengan budaya secara keseluruhan.

3. Tujuan etnografer melakukan analisis suatu kebudayaan:

- Analisis etnografis sebagai alat untuk menemukan makna budaya.

- Analisis merujuk pada pengujian sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian- bagiannya, hubungan diantara bagian- bagian, serta hubungan bagian- bagian itu dengan keseluruhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar