Selasa, 27 Oktober 2009

CINTA SAHABAT

CINTA SAHABAT


Suatu hari sebuah persahabatan tengah dilanda persoalan yang cukup besar . Persahabatan anak-anak remaja SMA yang hanya mengandalkan emosi karena masalah kecil namun bisa dijadikan masalah yang begitu besar.

Iva dan sasie, anak sekolah SMA kelas 3 berbincang sambil berjalan agak cepat di sepanjang teras sekolah.

Va, cerita sama gue ada apa sebenarnya antara lo dan egi? Dari kemaren kok lu enggak pulang bareng dia. Dia maen bola sore-sore juga lu engga dating. Kenapa Va?” Tanya sasie dengan penuh penasaran sambil mengerutkan dahinya.

Kali ini gue enggak bisa cerita sama lo sie.”

kenapa? Eh tunggu-tunggu, ada yang ketinggalan di kelas.” Sasie lari menuju kelasnya untuk mengambil barang yang tertinggal. Namun Iva tetap berjalan menuju gerbang keluar sekolah.

Va..tungguuu!!!” Sasie lari terbirit-birit karena merasa Iva telah meninggalkannya.

Va, kok lo gitu sih. Apa lo udah bosen dengan persahabatn kita ini? Ha?

Bukan gutu sie. Gue yakin lo ga bakalan bisa nerima semuanya ini. Udah lah. Lu enggak mesti tahu masalah gue lagi. Lagi pula enggak penting kali sie.”

Tiba-tiba sasie berhenti dan tertinggal oleh Iva yang terus berjalan. Karena Iva merasa sasie tak ada disampingnya lagi ia pun segera menoleh kebelakang.

Sasie sedang marah. Mukanya ia tekuk dan tangannya Ia lipat di dadanya seperti Super Visor yang sedang memantau karyawannya. Sasie merasa Iva telah menyinggungnya karena menganggap dia tak perlu tahu lagi masalah yang tengah dihadapinya dan Egi pacarnya.

Mungkin persahabatan bagi Sasie adalah saling tahu apa yang menjadi masalah temannya. Sehingga bisa saling bantu-membantu dalam menyelesaikannya. Namun Iva telah memandang sebelah mata atas keberadaan Sasie menjadi Sahabatnya selama bertahun-tahun untuk masalahnya kali ini.

Sasie berharap Iva dapat kembali kebelakang untuk menghampirinya dan menceritakan apa yang terjadi dengan dia dan Egi pacarnya.

Sie, ngapain? Lu enggak pulang?” Iva menyapa sasie namun tak mendatanginya. Iva berbalik badan dan kembali melanjutkan langkahnya.

Please va, gue kan temen lama lo, lo percaya kan kalu gue bakalan jaga rahasia loh kok.” Sasie berteriak kesal dan akhirnya mengejar langkah Iva juga.

Bukan masalah rahasia sie.” Iva menghentikan langkahnya dan menatap sasie.

Tapi masalahnya… gue,

Masalahnya apa Va?” Sasie menantikan jawaban dari Iva dengan setia.

Gue mau putus ama egi!” Iva langsung melanjutkan langkahnya kembali. Dan meninggalkan Sasie.

Hah, putus??? lo gila yah, kenapa bisa begitu. Va cerita sama gue kenapa lo mau putusin egi, lo udah hampir 5 tahun sejak SMP pacaran sama egi, percuma kalau akhirnya lo harus putus sama dia tanpa alasan yang jelas!”

Ya bisa lah sie. Dan gue bilang apa. Kalau gue cerita sama loh pasti loh bawel kaya gini. Enggak bisa sie, gue enggak bisa terus sama egi.”

Kata siapa lo enggak bisa. Udah gini aja, pokoknya gue harus ketemu sama egi dan bicarain gimana caranya lo enggak putus sama dia. oke?

Udah lah Sie lo enggak usah repot-repot bantuin gue supaya gue enggak jadi putus ama egi. Lagian siapa yang sakit hati selama ini, siapa yang ngejalanin selama ini, bukan elo sie. Lo enggak pernah tahu perasaan gue selama ini.” Iva tiba-tiba menangis sambil menumpahkan kekesalannya pada Sasie karena memaksa dia untuk bercerita.

Di ujung pertigaan jalan mereka berhenti. Seperti sebuah sinetron, keadaan mulai memuncak dengan Iva mulai menagis. Sasie tetap kekeh dengan keinginannya untuk membatalkan Iva putus dengan Egi. Seperti malaikat yang hendak menyelamatkan 2 sejoli untuk mempersatukan cinta.

Oh jadi ini hasil persahabatan kita selama ini. Jadi loh enggak nganggep gue sebagai teman lagi.”

Bukan itu maksud gue sie.” Iva kesal.

Apa maksud loh? gue emang teman yang percuma bagi lo, ia?”

Perang mulut pun terjadi antara Iva dan Sasie. Hingga akhirnya temannya yang lain pun datang dan menghampiri mereka.” “Eh ada apa ini, ada apa???“ kok loh semua pada rebut gini sih.” Iva pun meninggalkan Sasie dan temannya yang baru saja datang.

Eh udah, udah. Orang engga ada apa-apa juga. Emangnya gue topeng monyet apa. Jangan pada norak yah. Engga pernah nonton sinetron yah.“ Sasie menumpahkan kemarahnanya pada teman-temannya yang mengkerumuninya saat pertengkarannya dengan Iva.

Sie, ada apa dengan Iva, kenapa Iva bisa bersikap seperti itu sama loh? Lu berdua kan sahabatan.” Salah seorang teman Sasie, Metha bertanya.

Gue enggak tahu. Mungkin dia lagi emosi aja kali Met.“

Sore harinya, Sasie memang benar-benar serius ingin membatalkan keputusan Iva dan Egi temannya untuk putus dari hubungan pacaran mereka, Sasie datang dengan memakai tas ransel berwarna biru. Warna pavoritnya dan sandal jepit berwarna hitam yang sederhana namun cukup sporty. ”Gi, sebenarnya ada masalah apa loh sama Iva, hingga loh mau putusin hubungan loh sama dia?”

Sorry sie, gue enggak bisa cerita masalahnya pa. Lagian masalah kali ini enggak bakalan bisa selesai kalau gue tetep sama Iva.

Loh gi jangan pesimis gitu dong. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Sayang gi lo berdua udah serasi banget. Udah mau 5 tahun lu sama-sama Iva. Gue dan temen-tmen yang lain bener-bener ngerasa sedih banget kalau lo berdua jadi putus.“

Iva udah engga sayang lagi ma gua sie.“ Ngga sayang gimana maksud lo gi?Dia selalu tanamkan rasa kurang percaya nya sama gue. Gue capek ngejelasin ke dia. Dia selalu salah paham.“ Iva cemburu maksud loh?“ Sasie coba menebak-nebak apa yang dimaksudkan Egi.

Ya..gitu deh. Seminggu yang lalu gue boncengan sama temen cewek gue. Dia numpang naik motor gue karena ada perlu. Arah tempat yang mau kita tuju itu sama. Yah sebagai teman masa gue acuhin gitu aja. Lagi pula itu tuh Cuma 5 menit ja perjalannya. Engga tahu dari siapa Iva tahu akan hal ini. Dia langsung marah-marah dan setelah itu dia engga mau ktemu gue lagi sie.“ Jelas Egi.

Egi memang seorang cowok yang baik dan sangat royal pada siapapun. Terlebih pada Iva pacarnya. Selain itu mungkin karena dia adalah anak dsari keluarga yang terbilang berada. Alias kaya raya. Parasnya pun sangat tampan dan tak ayal jika banyak cewek-cewek yang menyukainya. Makanya Iva suka cemburukalau lihat dia jalan sama cewek lain tanpa sepengetahuannya.

Sekarang udah tahu kan masalahnya apa?“

Kalau Cuma maslahnya itu sih gampang gi. Iva Cuma salahpaham aja kan?“

Memang. Tapi kalau dia udah enggak mau ketemu gue lagi bagaimana? Iatu artinya kan dia udah nggak sayang lagi ma gue sie. Dia enggak peduli rasa yang gue alami ke dia. Gue masih sayang, cinta, kangen, udah engga da urusannya bagi dia.

Enggak gitu gi. Nanti gue yang ngatur. Biar lo bisa ketemu. Oke!“

Engga usah sie. Percuma aja. Kemarin geu sengaja kerumahnya untuk bicara sama dia. Eh gue sama sekali engga bisa ngomong sama dia. Padahal gue udah duduk di dalam rumahnya sie, tapi tetep aja dia engga mau keluar. Walaupun untuk sekedar liatin muka aja sie, dia engga mau.

Gue Cuma ketemu tantenya dan ngobrol lama sama dia. Tantenya kan lu tahu sendiri cerewet banget. Dan gue harapin itu kan ngobrol sama Iva, bukan sama tantenya.“



Hehee...beneran lu gi?

Beneran!“

Gi, gue ngerti perasaan lo. Gue makasih banget atas usaha loh buat memperbaiki hubungan loh. Gi, Lu dan Iva budah gue annggep sebagai saudara gue sendiri. Suka duka persahabatan kita, slalu kita lalui bersama.

Sasie mulai melakakukan ceramahnya, bak ustajah yang sedang memberikan wejangan pada santrinya.

Kita sudah bersahabat dari kita SMP. Begitu juga dengan lu dan Iva. Putus nyambung, putus nyambung lu sudah rasakan. Gue berharap kali ini lu bisa kembali mempertahankan hubungan lu dan Iva. Sayang banget kalau harus berakhir sampe disini. Apa lagi ini menyangkut persahabatan kita bersama gi.

Ah si, gue udah nebak-nebak, omongan lu yang panjang lebar tadi akan menjurus ke hal ini.“

Lah trus kenapa? Engga boleh? Lu mau pergi dan engga mau dengerin gue?“

Bukan gitu si. Kan tadi gue udah bilang kalau percuma aja lu coba untuk nyatuin gue ma Iva.“

Gi, lu engga liat gue yah? Lu engga mandang gue? loh berdua enggak tahu gimana nasib persahabatan kita kalau loh putus sama Iva. Anak-anak yang lain juga bilang gitu. Tejo, Elis, Amel, Ijal semua akan sedih banget kalau lu udahan sama Iva.“ Sasie mulai mendramatisir keadaan.

Kalau lu berdua putus, gue yakin kita bakalan main masing-masing dan itu engga enak banget gi.....terus kalau kita main kerumah bunda enggak sama-sama lagi. Tapi, yang paling dalam maknanya gie, diluar semua yang gue sebutin itu gi, untuk apa lo pacaran lama-lama kalau akhirnya harus begini. Lagi pula lu juga pernah bilang sama gue kalau lu menikah itu pasti sama Iva. Lu inget engga gi? Lu inget kan?


Sie, please!Jangan sangkut pautin hubungan gue dengan persahabatan kita dong.”

Gi, gue Cuma enggak mau loh putus sama Iva, gue yakin, seyakin-yakinnya, loh sama Iva bisa tetep bersama gi.“

Tapi kenyataannya kan enggak gitu sie. Gue juga enggak mau putus sama Iva. Iva udah nganggep hubungan gue sama dia udah putus! udahlah sie, makasih. Loh enggak usah repot-repot bantuin gue, supaya gue enggak jadi putus sama Iva.

Kata-kata loh sama banget sih sama Iva tadi. Artinya lu udah sehati gi ma Iva.”

Elu bisa aja. Lagian walaupun gue putus sama Iva gue enggak bakalan mutusin persahabatan gue juga sama Iva. Oke?”

Dengan rawut wajah yang enggak terima, Sasie kembali melipat tangannya di dadanya.

Sudah sebulan Egi dan Iva putus. Mereka enggak pernah lagi bertemu dan mengadakan acara bersama-sama seperti biasanya.

Dan pada suatu kesempatan, yaitu pada hari ulang tahun salah satu teman Sasie, Iva dan Egi juga, Egi dan Iva pun di undang oleh Sasie dengan harapan mereka bisa datang berdua.

Namun mereka Menolak untuk datang bersama. Padahal mereka sudah janji enggak akan mutusin persahabatan mereka. Sasie kekeh ingin mereka datang bersama karna dia ingin lihat suatu bukti kalau persahabatan mereka tidak putus. Sasie lagi-lagi mendramatisir keadaan. Padahal dengan mereka tidak datang bersama itu bukan berarti mereka tidak bersahabat lagi kan?

Gi, loh bisa ajak Iva nanti di ulang tahunnya Heni kan? please!”

Mmm…bisa aja sih. Cuma Iva nyamau engga? Kaya’nya engga akan mau si. Lagi pula gue bakalan datang berdua dengan cewek baru gue, sekaligus ngenalin dia sama loh. Namanya Vany.”

Gie, gila lo. Lu serius udah punya cewek lagi? Secepat itu loh punya cewek baru?”

Kenapa sie? Bolehkan gue datang sama cewek gue. Gue udah ngomong kok sama Heni dan Heni ngasih surat undangan buat cewek gue.”

Sasie marah dan langsung menghampiri Heni yang ada di ruang kelasnya.

Hen!” Heni kaget saat kedatangan Sasie dengan muka sangat marah.

Kenapa loh ngebolehin Egi dateng dengan cewek barunya? pake ngasih surat undangan segala lagi.”

Ya ampun, kirain gue ada apaan. Ternyata masalah itu toh. Mang kenapa? Sie, gue enggak enak sama Egi. Ya lagian hak dia dong bawa ceweknya. Udah lah Sie biarin aja, dia kan temen kita juga. Bukannya loh ngajarin ke gue buat berteman dengan siapa aja.

Emang ceweknya temen kita juga?“ Tanya Sasie.

Iya.“

Siapa?“

Nanti juga loh tahu.“

Hen, tahu engga loh tu sama aja ngancurin rencana gue sama anak-anak.”

Emang loh rencanaain apaan sih? “

Gue bakalan nyatuin Iva dan Egi lagi Tahu!”

Yaaah, sori deh Sie. Gue kan enggak tahu. Lagian salah sendiri kenapa juga lo enggak Calling-calling gue dulu.”

Kirain gue fikiran lu sama ma gue. Sudah lah nasi udah jadi bubur.” Sasie marah dan langsung meninggalkan Heni.

Acara Ultahnya heni di mulai pada jam 8 malam, tapi waktu itu Heni masih menunggu teman-temannya yang belum hadir.Termasuk Egi dan Iva.Terlihat Sasie masih dalam keadaan emosi dan kawatir yang sangat tinggi.

Sie, loh kenapa sih? mondar mandir kesana kemari kaya enggak jelas.” Tanya Amel salah satu temannya. ”Gue lagi binggung nih, gimana yah reaksinya Iva saat melihat Egi bawa Cewek barunya???.”udah, tenang aja!

Detak jantung sasie pun Semakin berdebar-debar saat mendengar motor Egi yang baru saja datang tepat jam 9 malam.

Hen, Egi udah dateng tuh!” Amel memebrikan kabar pada Heni yang punya hajat kalau Egi sudah datang.

Waduh gimana yah, kok Iva belom dateng-dateng juga.‘ Dalam hatinya Sasie berbicara.“ Mudah-mudahan Iva enggak jadi dateng deh.“ Harapnya.

Sasie membelakangi pintu masuk rumah Heni. Bahkan ingin bersembunyi dari kedatangan Egi. Selain khawatir pada Iva juga tak mau melihat pacar barunya Egi. Dan setelah ia mendengan suara Iva, Sasie langsung berbalik arah dan terkejut melihat Egi menggandeng Iva.

Terengngngng……..!!!Hai sie?”

Iva???“ Sasie terkejut melihat kedatangan Egi namun dengan di damping Iva.

Egi, cewek, cewek baru loh mana?“

Ya ini cewek baru gue sie!!!” Surprise!

Iva langsung memeluk Sasie dan meminta maaf atas kejutan nya ini. Cewek baru yang egi maksud itu ternyata Iva. mereka balikan lagi tanpa sepengaetahuan Sasie.

Maafin gue yah Sie, gue enggak ngomong-ngomong kalau kita balikan lagi.” Egi dan Iva balikan lagi karena mereka masih sayang dan cinta, terlebih mereka berdua juga sayang sama Sasie sahabat sejatinya yang selalu membantu menyelesaikan masalah-masalah mereka. Begitu banyak halangan dan rintangan yang mereka hadapai dan pengorbanan Sasie sehingga dia tidak mau mereka sampai putus di tengah jalan.

Meski mereka tahu dan yakin bahwa jodoh itu di tangan Tuhan Yang Maha Kuasa, tapi selagi memang masalah masih bisa di selesaikan, kenapa tidak hubungan mereka tetap harus bertahan.

Elu berdua tuh tega yah sama gue. Jantung gue hampir mau copot. Gimana ekspresi lo Va kalau loh liat cewek barunya Egi!”

Tapi semua itu enggak terjadi kan sie.“ Jelas Egi sambil mentertawakannya.



TAMAT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar